In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

Powered by RS Web Solutions

SILATURRAHIM AKADEMIK PASCASARJANA

 

PASCASARJANA: Rektor Untad saat menjadi keynot speaker pada Silaturrahim Akademik Mahasiswa Baru. (Foto: Taqyuddin Bakri/MT)

 

Temu akademik merupakan tradisi akademik setiap tahun yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana (PPs) Universitas Tadulako (Untad). Kegiatan ini, bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru, sekaligus mempererat hubungan silaturrahim. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Panitia Silaturrahim Akademik, Dr. Suparman, M. Si., dalam laporannya pada kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (31/8), di Auditorium Untad.

 

Dr. Suparman juga menjelaskan bahwa pada tahun akademik 2013/2014 ini, PPs Untad menerima 675 mahasiswa. Rinciannya, Program Studi (Prodi) Magister Administrasi Publik (MAP) 158 orang, Prodi Magister Manajemen (MM) 117 orang, Prodi Magister Pendidikan Sains 69 orang, Prodi Magister Ilmu-ilmu Pertanian 61 orang, Prodi Magister Ilmu Hukum 55 orang, Prodi Magister Perencanaan Wilayah Pedesaan (MPWP) 54 orang, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia 45 orang, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris 38 orang, dan Prodi Magister Agribisnis 36 orang.

 

“Sementara itu, dari program doktoral, Prodi Doktor Ilmu-ilmu Pertanian 14 orang, dan Prodi Doktor Ilmu Ekonomi 28 orang,” jelas Ketua Panitia yang juga merupakan Koordinator Prodi MPWP ini.

 

Kegiatan itu, diisi oleh orasi ilmiah dari Rektor Universitas Tadulako, Prof. Dr. Ir. Muhammad Basir, SE., MS., dan Direktur PPs Untad, Prof. Dr. Ir. Indrianto Kadekoh, MP. Dalam orasinya selaku keynot speaker, Rektor menyatakan menyambut baik kedatangan para calon magister dan doktor. Para mahasiswa baru, jelas Rektor, harus bersemangat dalam menempuh pendidikannya. Untuk itu, kata Rektor, pihak Untad tidak akan berdiam diri. Selaku penyelenggara layanan akademik, peningkatan mutu dan kualitas merupakan hal utama yang akan terus diperhatikan.

 

“Jangan sampai ada magister dan doktor yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Kemampuan saat sudah menjadi lulusan sama dengan saat sebelum masuk,” jelas Prof. Basir.

 

Tidak lupa, Rektor mengingatkan kepada mahasiswa baru, untuk melakukan pendekatan simbiosis mutualisme dalam menjalani pendidikan. Jangan sampai muncul parasit-parasit yang hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

 

“Lakukan mind shifting, yaitu pemutuan yang menuntut adanya perubahan sikap dan cara berpikir selaku akademisi. Tempatkan dimensi akademik di atas segala-galanya,” pesan Rektor.

 

Sebelumnya, Direktur PPs Untad juga mengungkapkan hal yang sama. Prof. Indrianto, dalam pemaparannya, menekankan pada cara berpikir dan bertindak untuk meraih sukses akademik. Harapan dari segenap civitas akademika PPs Untad, semua mahasiswa dapat sukses dan selesai tepat pada waktunya.

 

“Hal ini akan menunjukkan kualitas mutu akademik mahasiswa Pascasarjana Untad, yang tentu saja sesuai dengan visi dan misi,” ujar Prof. Indrianto.

 

Para mahasiswa juga, diharapkan dapat menunjukkan perilaku akademisi, yaitu mandiri, kreatif, inovatif, jujur, dan berketuhanan.

 

“Sehingga muncul outcome yang berbudaya dan dapat diterima di berbagai lini kehidupan masyarakat,” harap Direktur PPs Untad.

Pada kesempatan itu, Rektor juga menyerahkan secara simbolis sertifikat Matrikulasi PPs Untad kepada dua orang perwakilan mahasiswa. Sebelumnya, telah dilaksanakan jalan santai yang dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. H. Hasan Basri, MA., Ph. D. Pada kegiatan itu, dibagikan sejumlah hadiah yang disediakan oleh BNI dan Bank Syariah Mandiri, selaku partner perbankan Untad.

Share