In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

Powered by RS Web Solutions

Profil

Upt Perpustakaan Untad secara resmi berdiri pada tanggal 14 Agustus 1981 bersamaan dengan berdirinya Universitas Tadulako sebagai Universitas Negeri di Sulawesi Tengah  berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 36 Tahun 1981 Tanggal 14 Agustus 1981, dan Ibu Dra. Nintje Borman diangkat sebagai kepala Upt Perpustakaan Untad yang pertama, yang menduduki masa jabatan dari tahun 1983 – 1990. Kepala Upt Perpustakaan Untad selanjutnya secara berturut-turut adalah Drs. H. Moh. Asri Hente, MS (1990 – 1994), Hj. Ucu Windariyati, SH (1994 – 1997), Dra. Hj. Indokote Tandjokara, M.Si (1997 – 1999), Mas Ida Ains, SS, MLIS (1999 – 2002), Drs. Mohtar Ladjidji (2002 – 2010), dan Drs. I Gede Surata, M.Si (2010 – sekarang).

Sebagai Unit Pelaksana Teknis, UPT. Perpustakaan mengemban misi untuk mendukung lembaga induknya, Universitas Tadulako, dalam menjalankan misi perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pengembanan misi Perpustakaan dilakukan melalui kegiatan pengadaan, pengorganisasian, dan pelayanan sumber-sumber informasi terekam kepada masyarakat penggunanya, yaitu segenap civitas akademika Universitas Tadulako.

 

Upt Perpustakaan saat ini didukung oleh 20 orang tenaga pustakawan dan 8 orang tenaga administrasi yang memiliki latar belakang pendidikan mulai dari SLTA hingga Magister (dalam dan luar negeri) dari berbagai disiplin ilmu. Upt Perpustakaan saat ini memiliki 17.593 judul, 81.383 eksemplar buku teks yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Upt Perpustakaan juga menyediakan akses e-journal gratis ke 3 (tiga) providers, yakni Proquest, Ebsco, dan Cangage, yang disponsori oleh Dirjen Dikti.

 

Upt Perpustakaan menyediakan layanan sirkulasi, terbitan berkala, karya tulis ilmiah (skripsi, thesis, desertasi, dan laporan penelitian), buku cadangan (reserved books), dan layanan Internet (yang dapat diakses oleh segenap civitas academika secara gratis).

 

Visi Upt Perpustakaan

 Visi Upt Perpustakaan Untad adalah ‘Unggul dalam penyediaan akses informasi Ipteks untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan, pengolahan, pelestarian, dan pelayanan informasi secara profesional.

Misi Upt Perpustakaan

1.          Melakukan pengembangan sumberdaya informasi berbasis perkembangan Ipteks dan kebutuhan pengguna

2.          Melakukan pengolahan sumber daya informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang andal

3.          Melakukan kegiatan pelestarian untuk melestarikan sumber daya informasi Ipteks

4.          Melakukan pelayanan sumber daya informasi kepada pengguna secara profesional

 

Share