In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

Powered by RS Web Solutions

Pegawai

Untuk dapat menyelenggarakan tugas-tugas dan pekerjaan di perpustakaan  diperlukan dukungan pegawai yang sesuai dengan kualifikasi kebutuhan dan jenis pekerjaan yang terdapat diperpustakaan. Pekerjaan di perpustakaan ada yang bersifat penyelenggara administrasi perkantoran dan pekerjaan yang bersifat kepustakawanan. Pekerjaan dalam bentuk penyelenggaraan administrasi dilaksanakan oleh pegawai yang berada di bawah Kepala Sub-bagian Tata Usaha, yang terdiri dari: urusan kepegawaian, urusan keuangan, dan urusan perlengkapan.

Pekerjaan kepustakawanan dikerjakan oleh mereka yang disamping sebagai pegawai negeri, juga diangkat dalam jabatan fungsional pustakawan. Berhubung pekerjaan kepustakawanan ada yang bersifat teknis dan ilmiah, maka pemangku jabatan fungsional pustakawan juga memiliki jenjang jabatan yang dikelompokkan ke dalam pustakawan tingkat terampil dan pustakawan tingkat ahli.

Untuk mengetahui keadaan pegawai di Upt Perpustakaan Untad secara rinci, akan diuraikan dalam bentuk tabel menurut status dan golongan/ruang (Tabel 1), keadaan tenaga pustakawan berdasarkan jenjang jabatan, pangkat/golongan/ruang, keadaan pegawai menurut latar belakang pendidikan (Tabel 3), keadaan pegawai menurut jenis kelamin, dan keadaan pegawai menurut umur.

Berkenaan dengan pengembangan staf pustakawan, khususnya di bidang otomasi perpustakaan, jaringan, dan Internet, UPT. Perpustakaan telah mengirim 9 (sembilan) orang tenaga pustakawan untuk mengikuti pelatihan selama 1 (satu) bulan di bidang tersebut ke Perpustakaan IPB-Bogor melalui dana TPSDP Batch-III.

 Di samping melalui pengiriman staf, pengembangan staf juga dilakukan melalui lokakarya (workshop). Upt Perpustakaan telah melakukan 3 (tiga) kali lokakarya yang disponsori oleh dana TPSDP Batch-III yaitu (1) lokakarya tentang penerapan otomasi perpustakaan untuk pelayanan perpustakaan, (2) lokakarya tentang pemanfaatan Internet, dan (3) lokakarya tentang pengelolaan angka kredit pustakawan. Selain melakukan lokakarya tersebut,Upt Perpustakaan juga telah mendatangkan seorang Technical Assistant (TA) untuk membantu menangani sebuah program otomasi perpustakaan yang dikenal dengan nama WINISIS. TA tersebut berasal dari Perpustakaan IPB tempat di mana program WINISIS tersebut dibeli. Baik TA maupun program WINISIS yang dibeli tersebut semuanya didanai oleh TPSDP Batch-III.

Share