In order to view this object you need Flash Player 9+ support!

Get Adobe Flash player

Powered by RS Web Solutions

Pustaka Soeman HS Menuju Era Digital Berbasis Data Center

Perpustakaan Wilayah (Puswil) Soeman HS Provinsi Riau, terus berbenah diri dan inovasi dalam mengikuti perkembangan dunia teknologi yang terus berubah ke era dunia Digital. Maka Untuk tidak ketinggalan jaman, Puswil tahun 2013 mendatang akan dibangun infrastruktur perpustakaan Digital dan pusat layanan data.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kearsipan dan Kepustakaan Daerah Provinsi Riau, Rizka Utama kepada riauterkini, Selasa (4/12/12) di kantornya saat ditanya program Perpustakaan Soeman HS tahun 2013 mendatang.

“Tahun anggaran 2013 ini kita sudah mengajukan anggaran untuk pembangunan sarana infrastruktur perpustakaan Digital dan pusat pelayanan data Center Perpustakaan,” katanya.

Mantan Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau ini menjelaskan, dengan diterapkannya sistem perpustaakn Digital. Maka akan memudahkan bagi pengunjung untuk memilih dan mencari buku apa yang pengunjung inginkan bisa dilihat di Digital dan bahkan bisa membaca lewat komputer.

“Dan perpustakaan era Digital ini akan membangun sistem jaringan pelayan perpustakan secara elektronik. Artinya, seluruh buku dan pengamanan kearisipan bisa terlayani secara elektronik,” ujarnya.

Sebagai salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia dan sudah memiliki agreditasi A, kata Rizka, pihaknya akan terus berbenah diri dengan mengikuti perkembangan era Digital dan modernisasi agar tidak tertinggal dari daerah-daerah lain.

“Rujukan kita saat ini adalah Perpustkaan di Singapura. Walaupun begitu kita ingin menjadi Perpustakaan daerah terbaik di Indonesia dengan memberikan mamfaat kepada warga masyarakat dalam mencerdaskan bangsa,” ungkapnya.

Untuk anggaran, Perputakaan dan Kearsipan Provinsi Riau tahun 2013 mendatang. Rizka mengakui telah mengajukan anggaran kurang lebih Rp 40 miliar dalam melaksanakan program-program yang direncanakan.

“Dan tahun ini kita sudah mengajukan anggaran, kurang lebih nilainya Rp 40 miliar. Dan ini untuk menunjang program kerja yang kita rencanakan sepanjang tahun 2013 mendatang,” katanya.

Share